T : Apa itu PatunganYuk! ?

J : PatunganYuk! adalah platform untuk membuat Patungan dan Arisan secara online oleh siapapun untuk apapun, dengan berbagai macam fitur yang memudahkan kamu, seperti pembukuan otomatis, pengingat terjadwal, pembayaran aman dan terpercaya, saling memberi apresiasi hingga metode pembayaran yang bervariasi. Dan pastinya, patungan dan arisanmu akan sukses!



T : Apa saja yang bisa dilakukan di PatunganYuk! ?

J : Kamu bisa melakukan arisan, berpatungan untuk mendukung artis favoritmu, membantu gerakan sosial, mengadakan event di kampus dan sekolah, liburan bareng temen-temenmu, memberikan hadiah ulang tahun, bahkan patungan untuk Qurban. Dan masih banyak lagi!



T : Apa perbedaan antara Patungan dan Arisan ?

J : Perbedaan mendasar antara Patungan dan Arisan terletak pada penggunaan dana. Jika Patungan, maka kamu dan teman-temanmu akan berpatungan untuk satu tujuan yang sama untuk dinikmati secara bersama-sama. Selain itu, Patungan bisa dibuat untuk semua orang (publik) atau hanya khusus orang-orang terdekat atau lingkunganmu saja, misalnya keluarga, kampung, sekolah atau universitas.


Untuk Arisan, kamu hanya bisa membentuk grup privat, bukan publik. Hal ini dimaksudkan demi keamanan transaksi menabung bersama grupmu. Setiap bulan, salah satu anggota arisan akan mendapatkan dana yang dikumpulkan bersama selama periode arisan berlangsung. Dana ini hanya akan diberikan kepada satu orang sebagai penerima dana arisan. Dana ini bisa digunakan penerima arisan secara bebas sesuai kebutuhan, mulai dari membeli laptop, handphone yang sudah lama kamu incar, peralatan rumah tangga sampai membayar uang masuk sekolah anak, dan lainnya.



T : Apa perbedaan Patungan Publik dan Private ?

J : Patungan Publik artinya patunganmu bisa diakses oleh semua orang, kenal ataupun tidak kenal, sehingga semua orang bisa turut membantumu untuk mencapai tujuan patunganmu, misalnya membantu korban bencana alam atau membantu gerakan sosial.


Sedangkan untuk Patungan Privat, hanya bisa diakses oleh orang-orang yang kamu undang, misalnya berpatungan untuk kegiatan sekolah, liburan bareng, acara kampus dan lain lain.


Selain itu, untuk bergabung dengan Patungan / Arisan privat, kalian harus mengirimkan kode token kepada orang yang kalian undang. Sedangkan untuk Patungan Publik, tidak ada kode token apapun yang diperlukan.



T : Berapa anggota yang bisa kita undang dalam sebuah grup Patungan / Arisan ?

J : Untuk Patungan Publik, kamu bisa mengundang sebanyak mungkin orang yang bisa kamu undang.


Namun untuk Patungan dan Arisan Privat, kamu bisa mengundang hingga maksimal 10 orang.



T : Lalu Bagaimana jika saya memiliki grup Patungan / Arisan yang jumlahnya lebih dari 10 orang?

J : Kamu dapat membagi grup kamu menjadi dua grup atau lebih, sehingga 1 grup tidak melebihi batas maksimal 10 orang.


Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah kamu mengelola grupmu. Serta membatasi agar satu periode patungan/arisanmu tidak berlangsung terlalu lama.



T : Kenapa saya harus memasukkan nomor telepon saya dengan benar ?

J : Seluruh Notifikasi pembayaran kami akan dikirimkan melalui Whatsapp, sehingga memasukan nomormu dengan benar adalah hal yang sangat penting.



T : Apakah saya bisa mengundang semua orang ke dalam Patungan/Arisan Privat ?

J : Bisa. Namun kami sangat menyarankan HANYA mengundang keluarga, teman atau kerabat yang kamu ketahui untuk mempermudah dalam berkomunikasi. Hal ini juga membantumu untuk mengelola dan mengawasi grup Patungan dan Arisanmu.



T : Saya ingin mendaftar dan menjadi ketua dalam Patungan / Arisan yang saya buat. Bagaimana caranya ?

J : Mendaftar (sign up) untuk membuat akun Patungan / Arisan, lalu login. Setelah login, kamu bisa langsung membuat Patungan / Arisan dengan mengisi form yang tersedia.



T : Apakah ada keuntungan bagi saya saat menjadi Ketua grup Patungan / Arisan?

J : Sebagai Ketua, kamu akan mendapatkan apresiasi berupa komisi dari Anggota Patungan / Arisanmu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan ucapan terima kasih karena telah menyelenggarakan Patungan / Arisan dengan sukses, dan berhak memiliki rating yang nantinya akan menjadi tanda bahwa Kamu adalah Ketua Patungan / Arisan yang baik.



T : Apakah ada keuntungan bagi saya saat menjadi Ketua grup Patungan / Arisan ?

J : Sebagai Ketua, kamu akan mendapatkan apresiasi berupa komisi dari Anggota Patungan / Arisanmu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan ucapan terima kasih karena telah menyelenggarakan Patungan / Arisan dengan sukses, dan berhak memiliki rating yang nantinya akan menjadi tanda bahwa Kamu adalah Ketua Patungan / Arisan yang baik.



T : Apakah saya bisa menghapus / membatalkan grup Patungan / Arisan saya ?

J : Jika Patungan / Arisan berjalan dengan lancar, kamu sebagai Ketua Arisan tidak bisa menghapus grup Patungan / Arisanmu. Namun, jika grupmu memasuki masa pembekuan (Freezing Period), dimana terdapat anggota Patungan / Arisanmu ada yang tidak membayar iuran, maka kamu bisa meminta untuk membubarkan grupmu.



T : Bagaimana saya meminta untuk menghapus grup Patungan / Arisan saya ? Apa yang terjadi dengan uang yang telah dikumpulkan ?

J : Kamu bisa mengirimkan email kepada kami. Uang akan dikembalikan kepada Ketua Patungan / Arisan, namun biaya transaksi pihak ketiga dan biaya pemeliharaan platform tetap dipotong.



T : Apakah PatunganYuk! bisa menghapus grup Patungan dan Arisan ?

J : PatunganYuk! akan mengawasi grup yang memiliki indikator penipuan, penggelapan atau Patungan dan Arisan yang mencurigakan. Jika terbukti atau ada laporan dari anggota Patungan dan Arisan, maka PatunganYuk! memilki hak dan wewenang untuk menghapus grup tersebut.



T : Bisakah saya membuat Patungan untuk publik yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pribadi ?

J : Iya. Patungan Publik bisa digunakan untuk keperluan/projek pribadi kamu yang membutuhkan bantuan dari banyak orang untuk mewujudkannya. Namun, akan lebih baik jika digunakan untuk menggalang dana untuk event atau projek pribadi yang ingin kamu wujudkan, dapat mendatangkan dampak sosial untuk komunitas sekitarmu.



T : Projek seperti apa yang dilarang di PatunganYuk! ?

J : Kamu tidak bisa membuat Patungan untuk skema investasi dengan kembalian, pinjaman maupun kredit di dalam PatunganYuk!. Kamu juga tidak bisa membuat projek yang mengandung nilai kekerasan, pornografi, SARA dan Terorisme. Hal ini akan mengakibatkan grup Patungan / Arisanmu akan dihapus tanpa pemberitahuan.



T : Apakah saya bisa menyebar link grup Patungan / Arisan privat ke media sosial yang saya miliki ?

J : Kamu sebaiknya hanya menyebar link grup Patungan dan Arisan privat hanya untuk teman-teman atau keluarga yang kamu kenal dan ingn kamu undang untuk masuk ke grup. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir gagal bayar di Patungan / Arisan karena kamu bisa mengingatkan mereka secara langsung.




T : Apakah saya akan diingatkan ketika terlambat bayar iuran ?

J : Tentu saja. Kamu akan diberi 3 pengingat otomatis, yakni:


  1. 1) Pengingat otomatis pertama pada saat H-2 tanggal bayar iuran
  2. 2) Pengingat otomatis kedua pada saat H+2 setelah tanggal bayar untuk mengingatkanmu atas keterlambatan bayar
  3. 3) Pengingat otomatis ketiga pada saat H+4 setelah tanggal bayar untuk memberikanmu peringatan terakhir.

T : Apa yang akan terjadi jika saya terlambat bayar iuran ?

J : Jika setelah 2 hari saat pengingat otomatis ketiga telah dikirimkan dan kamu belum juga membayar, maka grup Patungan / Arisanmu akan dibekukan.



T : Apakah saya masih bisa membayar saat grup Patungan / Arisan saya dibekukan ?

J : Tentu saja masih bisa. Saat grup dibekukan, maka yang masih bisa mengakses grup Patungan / Arisan adalah Ketua Patungan / Arisan dan anggota yang belum membayar.



T : Apa yang terjadi saat grup Patungan / Arisan dibekukan ?

J : Pada periode pembekuan (freezing period), terdapat dua pilihan yang tersedia.


  1. a. Ketua dan Anggota Patungan / Arisan harus mengingatkan orang yang belum membayar iuran untuk membayar sehingga grup bisa aktif kembali
  2. b. Setelah beberapa kali diingatkan, orang tersebut belum membayar maka ketua bisa membubarkan grup Patungan / Arisan.

Jika grup dibubarkan, uang hasil Patungan / Arisan akan dikembalikan pada Ketua. Namun, biaya transaksi pihak ketiga dan biaya pemeliharaan 6% tetap akan diambil. Sehingga, kami menyarankan bahwa membubarkan grup adalah pilihan terakhir yang bisa dilakukan.



T : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan dana Patungan / Arisan saya ?

J : Saat kamu ingin mencairkan dana Patungan / Arisan, maka kamu akan diminta untuk mengisikan kredensial berupa nama bank, nomor rekening dan upload ID yang bertujuan untuk memverifikasi dirimu. Setelah itu, kamu harus menghubungi anggota Patungan / Arisanmu untuk menyetujui pencairan (hanya berlaku untuk Patungan dan Arisan privat).



T : Kenapa Ketua harus membutuhkan izin dari anggota sebelum dana dicairkan?

J : Karena Patungan dan Arisan adalah usaha bersama, izin dibutuhkan untuk memberikan transparansi dan memastikan semua anggota mengetahui bahwa ada permintaan pencairan dana dikirimkan. Ini hanya akan berlaku bagi grup Patungan dan Arisan Privat.



T : Berapakah jumlah biaya transaksi yang dibebankan pada saya sebagai pengguna ?

J : Informasi Biaya Transaksi bisa dilihat di halaman Informasi Biaya Transaksi



T : Apakah PatunganYuk! tidak mengambil biaya pemeliharaan ?

J : PatunganYuk! hanya akan mengambil 6% dari total Patungan / Arisan yang berhasil dikumpulkan oleh Ketua Patungan / Arisan.



T : Apa saja metode pembayaran yang bisa saya gunakan di PatunganYuk! ?

J : Kamu bisa membayar iuran menggunakan Go-Pay, OVO, LinkAja!, Transfer ATM dan Kartu Kredit. Kami akan menyediakan pilihan pembayaran ini secara bertahap..



T : Apakah saya harus menyediakan data untuk mengambil uang Patungan / Arisan ?

J : Ya. Sebelum kamu bisa checkout uang Patungan / Arisan, kamu diminta untuk mengisi Nomor Rekening dan Bank tujuan transfer dan ID yang kamu miliki (KTP / SIM / Passport) untuk kami verifikasi. Hal ini berguna untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi.



T : Berapa lama saya harus menunggu untuk menerima uang hasil Patungan dan Arisan saya ?

J : Setelah kamu meminta Checkout (Pencairan Dana), waktu untuk memproses permintaan tersebut akan memakan hingga 2 hari kerja, karena kami perlu meminta verifikasi persetujuan dari setiap anggota Patungan/Arisan untuk perilisan dana. Setelah Kami mengkonfirmasi, maka uang akan segera cair paling lambat dalam 5 hari kerja ke rekening yang telah kamu daftarkan.



T : Apakah ada batasan nominal untuk membayar uang iuran Patungan dan Arisan ?

J : Tidak ada batasan nominal. Namun, untuk Patungan dan Arisan privat, kami menyarankanmu untuk membuat Goals (tujuan) dengan nominal yang kira-kira bisa dicapai oleh grup Patungan dan Arisanmu.