Card image cap
Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga

Patungan oleh Museum Kolong Tangga Yogyakarta

Patungan dibuat pada tanggal

25 January 2020

Patungan berakhir pada tanggal

01 January 2021

Invite :

Goal

    Rp.

    50,000,000

Telah terkumpul

Rp 400000

Tentang Patungan


Halo, teman-teman!

 

Perkenalkan, kami adalah Museum Pendidikan dan Mainan Kolong Tangga, museum untuk anak pertama dan satu-satunya di Indonesia. Misi utama kami adalah memberikan pendidikan alternatif melalui mainan dan permainan, untuk semua anak, tanpa memandang latar belakang mereka.

 

Berdiri sejak 2008, kami tak hanya menampilkan koleksi kami dalam museum. Kami juga memiliki berbagai program edukasi anak yang kami adakan secara gratis, yaitu:

1.     Workshops, adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan dan daya kreativitas anak dengan membuat atau memainkan mainan dan permainan. Bahan yang digunakan adalah barang-barang bekas, atau bahan dari alam yang terdapat di lingkungan sekitar.

2.     Perpustakaan Burung Biru, merupakan ruang baca yang disediakan khusus untuk anak-anak. Di perpustakaan ini anak-anak dapat membaca buku, menulis, menggambar, mendengarkan atau bercerita, menonton video atau film, dan mengikuti berbagai kegiatan lainnya yang berbau literasi. Perpus Burung Biru rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 15.00-17.00 WIB, terbuka untuk semua anak dan gratis.

3.     Majalah Kelereng, yang terbit dua bulan sekali dengan tema yang berbeda-beda. Kami mengupayakan adanya bacaan alternatif bagi anak untuk meningkatkan kemampuan literasi. Selain itu, Majalah Kelereng juga sebagai wadah bagi anak-anak untuk mempublikasikan hasil karyanya

4.     Pameran Tahunan, salah satu kegiatan rutin Museum Kolong Tangga adalah pameran temporer yang mengangkat tema-tema spesifik tentang dunia mainan dan anak. Beberapa pameran yang terlaksana, diantaranya Aku Cinta Kodok (2018), Boneka Bukan Hanya Mainan (2017), Poster (2015), Beautiful Book, Beautiful Picture (2014), dan You Cook I Eat (2012).

5.     Museum Comes to Visit You. Tidak hanya anak-anak yang datang ke museum, namun juga kami mendatangi anak-anak dari sekolah-sekolah di pinggiran, desa, panti asuhan, bahkan rumah sakit. Museum akan mengajak anak berkegiatan bersama sekaligus mengenal obyek koleksi museum.

 

Berita pahitnya, setelah 9 tahun membersamai anak-anak di Yogyakarta, museum ini harus tutup pada Juli 2017 karena berakhirnya masa peminjaman ruang. sekitar 23.000 obyek koleksi kami terpaksa digudangkan.

 

NAMUN, MUSEUM KAMI TIDAK MATI! 

 

Program kami pun terus berjalan, oleh para relawan dari anak-anak muda yang aktif dan kreatif. Museum kami berdiri secara mandiri, dengan pendanaan dari usaha penggalangan dana kami, antara lain penjualan merchandise, bazaar, dan program fundraising lainnya.

 

Kami pun terus berjuang mencari dana untuk mewujudkan mimpi kita bersama, yaitu membeli atau menyewa gedung baru. Mimpi besar kami adalah membuka kembali museum kecil yang dicintai anak-anak Yogyakarta ini.

 

- Baca Selengkapnya -

Anggota Patungan


Nama Anggota Total
Rachel Nindya Rp. 100.000
Elis Ahdiati Rp. 75.000
Annisa Utami Rp. 50.000
Ika Rahmatika Rp. 150.000
Devi Septiana Rp. 25.000

Goal

    Rp.

    50,000,000

Telah terkumpul

Rp 400000